Pengertian Bimbingan Kelompok
Menurut Prayino (1995: 61) bimbingan kelompok
diartikan sebagai upaya untuk membimbing kelompok-kelompok siswa agar kelompok
itu menjadi besar, kuat, dan mandiri.
Sedangkan Sukardi (2002: 48) menjelaskan
bahwa: Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah
peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari nara sumber tertentu
(terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan
sehari-hari baik individu sebagai pelajar, anggota keluarga, dan masyarakat
serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan.
Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok
Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok
Prayitno (2004: 2) menjelaskan tujuan
bimbingan kelompok,adalah sebagai berikut:
1.
Tujuan Umum
Tujuan umum kegiatan bimbingan kelompok adalah
berkembangnya kemampuan sosialisasi siswa, khususnya kemampuan komunikasi
peserta layanan.
2.
Tujuan Khusus
Secara khusus, bimbingan kelompok bertujuan
untuk membahas topik-topik tertentu yang mengandung permasalahan aktual
(hangat) dan menjadi perhatian peserta.
Komponen
Layanan Bimbingan Kelompok
Prayitno (2004: 4) menjelaskan bahwa dalam
bimbingan kelompok berperan dua pihak, yaitu pemimpin kelompok dan peserta atau
anggota kelompok.
1.
Pemimpin Kelompok
Pemimpin kelompok (PK) adalah konselor yang
terlatih dan berwenang menyelenggarakan praktik konseling profesional.
Sebagaimana untuk jenis layanan konseling lainya, konselor memiliki
keterampilan khusus menyelenggarakan bimbingan kelompok
2.
Anggota Kelompok
Tidak semua kumpulan orang atau individu dapat
dijadikan anggota bimbingan kelompok. Untuk terselenggaranya bimbingan kelompok
seorang konselor perlu membnetuk kumpulan individu menjadi sebuah kelompok yang
memiliki persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
1. Dinamika
Kelompok
Dalam kegiatan bimbingan kelompok dinamika
bimbingan kelompok sengaja ditumbuhkembangkan, karena dinamika kelompok adalah
hubungan interpersonal yang ditandai dengan semangat, kerja sama antar anggota
kelompok, saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan mencapai tujuan kelompok
Jenis-jenis
Bimbingan Kelompok
Menurut Prayitno (1995:25) dalam
penyelenggaraan bimbingan kelompok dikenal dua jenis, yaitu kelompok bebas dan
kelompok tugas, adapun uraianya sebagai berikut:
- Topik
tugas, yaitu topik yang secara langsung dikemukakan oleh pemimpin kelompok
(guru pembimbing) dan ditugaskan kepada seluruh anggota kelompok untuk
bersama-
- sama
membahasnya.
- Topik
bebas, yaitu anggota secara bebas mengemukakan permasalahan yang dihadapi/
yang sedang dirasakannya kemudian dibahas satu persatu.
Tahap-tahap
Bimbingan kelompok
Kegiatan bimbingan kelompok berlangsung dalam
beberapa tahap. Prayitno (1995: 40-60) mengemukakan bahwa ada empat tahap yang
perlu dilalui dalam pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan,
peralihan, kegiatan, dan pengakhiran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar